Friday, May 6, 2011

Tipe Nutrisi Mikrobia dan Transportasi Lewat Membran


Mikrobia dapat digolongkan berdasarkan beberapa hal, salah satu diantaranya adalah penggolongan mikrobia berdasarkan tipe nutrisinya:
a. Foto-litotrofik autotrof
adalah mikrobia yang sumber karbonnya berasal dari karbon anorganik yang digunakan untuk menyusun materi tubuhnya, sedangkan sumber energinya berasal dari cahaya dan dalam penggunaan donor elektronnya juga berasal dari elemen anorganik.
Contoh: Chromatium, Rhodospirillum rubrum.           
b. Foto-organotrofik heterotrof
adalah mikrobia yang sumber energinya berasal dari cahaya, dengan sumber donor elektronnya adalah elemen organik, dan sumber karbon untuk penyusun tubuhnya adalah karbon organik.
Contoh: Rhodopseudomonas.
c. Khemo-litotrofik autotrof
adalah mikrobia yang sumber energinya berasal dari zat kimia, dengan sumber donor elektronnya adalah elemen anorganik dan sumber karbon penyusun tubuhnya juga berasal dari elemen anorganik.
Contoh: Thiobacillus, Nitrosomonas, Nitrosococcus, Nitrosospira.
d. Khemo-organotrofik heterotrof
adalah mikrobia dengan sumber energi berasal dari bahan kimia, serta sumber donor elektron dan sumber karbon penyusun tubuhnya berasal dari materi organik.
Contoh: Protozoa,Fungi


Transportasi lewat membran berguna untuk memasukkan zat yang dibutuhkan suatu sel atau mengekskresikan suatu zat tertentu. Macam transportasi lewat membran:
a.        
Difusi adalah proses perpindahan suatu materi dari suatu tempat dengan konsentrasi tinggi menuju konsentrasi rendah.
b.        
Osmosis adalah proses perpindahan materi dari tempat dengan konsentrasi rendah ke konsentrasi lebih tinggi atau pekat melewati membran selektif permeabel.
c.       
 Difusi terfasilitasi adalah perpindahan materi dengan bantuan protein yang dibawa atau berasal dari membran itu sendiri (protein perifer dan integral)
d.       
Transport aktif adalah cara perpindahan materi melawan gradien konsentrasi dengan energi yang berasal dari ATP
e.    
  Trasport pasif adalah cara perpindahan materi melawan gradien konsentrasi denganenergi selain dari ATP

No comments:

Post a Comment